Rabu, 13 Juni 2012

pengobatan ARDS

Etiologi ARDS meliputi depresi sistem saraf pusat, kelainan neurologis primer, efusi pleura, hematoraks dan pneumothoraks, trauma, penyakit akut paru dan manifestasi klinisnya antara lain peningkatan jumlah pernapasan, klien mengeluh sulit bernapas, retraksi dan sianosis, paada auskultasi mungkin terdapat suara napas tambahan.
Pada dasarnya pengobatan ARDS meliputi :
  1. Pembersihan jalan nafas, untuk mempertahankan lancarnya jalan nafas
  2. Memperbaiki ventilasi
  3. Oksigenisasi
  4. Pengobatan penyebab dan penyulit
Diagnosa keperawatan yang mungkin muncul pada klien dengan ARSD :
  • Tidak efektifnya jalan nafas berhubungan dengan hilangnya fungsi jalan nafas, peningkatan sekret pulmonal, peningkatan resistensi jalan nafas ditandai dengan : dispneu, perubahan pola nafas, penggunaan otot pernafasan, batuk dengan atau tanpa sputum, cyanosis.
  • Gangguan pertukaran gas berhubungan dengan alveolar hipoventilasi, penumpukan cairan di permukaan alveoli, hilangnya surfaktan pada permukaan alveoli ditandai dengan : takipneu, penggunaan otot-otot bantu pernafasan, cyanosis, perubahan ABGs, dan A-a Gradient.
  • Resiko tinggi defisit volume cairan berhubungan dengan penggunaan deuritik, ke-luaran cairan kompartemental.
  • Resiko tinggi kelebihan volome cairan berhubungan dengan edema pulmonal non Kardia.
  • Gangguan perfusi jaringan berhubungan dengan penurunan aliran balik vena dan penurunan curah jantung,edema,hipotensi.
  • Pola napas tidak efektif berhubungan dengan pertukaran gas tidak adekuat, pening katan sekresi, penurunan kemampuan untuk oksigenasi dengan adekuat atau kelelahan.
  • Cemas/takut berhubungan dengan krisis situasi, pengobatan , perubahan status kesehatan, takut mati, faktor fisiologi (efek hipoksemia) ditandai oleh mengekspresikan masalah yang sedang dialami, tensi meningkat, dan merasa tidak berdaya, ketakutan, gelisah.
  • Defisit pengetahuan, mengenai kondisi, terapi yang dibutuhkan berhubungan dengan kurang informasi, salah presepsi dari informasi yang ditandai dengan mengajukan pertanyaan, menyatakan masalahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar